Bukakios - Semua Bisa Bukakios

10 Agustus 2023

Gagal Saat Verifikasi Identitas? Cek Penyebabnya di Sini!

Verifikasi Identitas

Halo, Sobat!

Buat kamu yang sudah menggunakan BukaKios pasti tidak asing dengan verifikasi identitas. Jika belum pernah melakukan verifikasi identitas, notifikasi pengingat akan selalu muncul di bawah menu produk. Tapi tahukah kamu apa itu verifikasi identitas? Dan seberapa penting untuk akunmu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pentingnya verifikasi identitas

Verifikasi identitas merupakan proses registrasi utama agar kamu mendapatkan status sebagai pengguna yang terverifikasi. Selain itu verifikasi identitas juga bertujuan untuk menghindari penyalahgunakan akun oleh pihak-pihak yang ingin melakukan tindak kejahatan seperti penipuan, pencucian uang, dan tindakan illegal lainnya.

 

Pengguna yang identitasnya telah sukses terverifikasi akan mendapatkan beberapa keuntungan:

  • Dapat menggunakan semua fitur pada aplikasi BukaKios.
  • Meningkatkan limit akun:

> Limit saldo Rp 2.000.000,-

> Limit nominal top up saldo per tiket melalui Transfer Bank Rp 100.000,-

> Limit nominal top up saldo per tiket selain melalui Transfer Bank Rp 300.000,-

> Limit nominal per transaksi Rp 100.000,-

> Limit akumulasi transaksi per hari Rp 5.000.000,-

 

Penyebab verifikasi identitas ditolak

Berikut beberapa penyebab umum mengapa permintaan verifikasi identitas ditolak:

1. Tidak memberikan izin akses kamera

Verifikasi identitas akun BukaKios akan membutuhkan dokumen foto hasil jepretan langsung. Sebelum melakukan verifikasi, pastikan untuk memberikan izin akses kamera untuk aplikasi BukaKios dengan mengubah status izin menjadi Izinkan. Jika status izin kamera masih Tolak, kamu tidak akan bisa melanjutkan proses verifikasi identitas.

Untuk mengubah status izin akses kamera, kamu bisa menemukannya di menu Pengaturan pada ponsel kamu.

2. Belum pernah melakukan top up dan transaksi

Kamu melakukan verifikasi identitas namun belum pernah top up dan transaksi di BukaKios? Secara otomatis, sistem kami akan menolak request verifikasi anda. Agar request verifikasi kamu bisa diproses, pastikan untuk melakukan top up dan transaksi di BukaKios terlebih dahulu ya.

3. Dokumen foto tidak sesuai ketentuan

Sudah melakukan top up dan transaksi serta memberikan izin akses kamera tapi request verifikasi identitas masih ditolak? Mungkin dokumen foto yang diunggah tidak sesuai dengan ketentuan verifikasi identitas BukaKios, seperti:

  • Tidak melampirkan foto KTP atau foto selfie dengan menggunakan atribut (memegang kartu identitas dan kertas bertuliskan “Verifikasi Identitas BukaKios (nama akun)”).
  • Tidak menggunakan kartu identitas yang asli. Pengguna dilarang menggunakan kartu identitas hasil fotocopy atau print.
  • Tidak menggunakan kartu identitas milik sendiri
  • Tidak menggunakan kartu identitas yang sudah ditentukan (KTP, SIM, atau Kartu Pelajar). Kartu Pelajar hanya diperkenankan untuk pengguna yang masih berumur dibawah 17 tahun.
  • Dokumen foto tidak jelas, seperti blur, terhalang cahaya, atau sulit dibaca.
  • Dokumen foto hasil foto jepretan ulang gambar di galeri atau media lainnya.
  • Dokumen foto merupakan hasil editan.

4. Identitas akun dan kartu identitas tidak sama

Meski sudah melampirkan dokumen foto sesuai dengan ketentuan namun request verifikasi identitas masih ditolak, mungkin kamu perlu mengecek nama dan wajah di foto dokumen kamu kembali. Pastikan untuk nama akun sama dengan nama yang terlampir di dokumen foto. Begitu juga dengan wajah di dokumen foto. Jika tidak sama, maka secara otomatis request verifikasi identitas kamu akan ditolak. Silahkan sesuaikan nama akun terlebih dahulu dan pastikan wajah di foto KTP dan foto selfie adalah orang yang sama.

5. Riwayat transaksi terindikasi mencurigakan

Syarat sudah sesuai, izin akses kamera sudah diberikan, dan data akun sudah benar. Namun masih saja verifikasi identitas ditolak? Mungkin ini adalah kesalahan terakhir yang kamu lakukan. Jika memiliki riwayat transaksi dengan pola yang terindikasi mencurigakan, maka BukaKios berhak untuk membatalkan request verifikasi identitas kamu. Transaksi yang dimaksud adalah transaksi yang terindikasi melakukan tindakan illegal, seperti pencucian uang, penipuan, dan tindakan lain yang melawan hukum.

Sebelum mengajukan request verifikasi identitas, pastikan kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku ya!
#SemuaBisaBukaKios

Tags :

Artikel Baru